Wisata Purwakarta

Wisata Purwakarta

Wisata Purwakarta dan sekitarnya terbaru yang dekat stasiun dan bisa dinikmati malam hari menjadi harga murah daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri. Obyek wisata seperti air mancur, taman batu, taman pancawarna kolam renang, tebing bukit Panenjoan merupakan tempat wisata populer. Wisata kota dan alam yang bagus adalah perpaduan yang bagus untuk merelaksasi penatnya pikiran. Yuk simak review dan ulasan dari www.watchme88.com.

5 Tempat Wisata Purwakarta yang Menakjubkan

Kota Purwakarta berada dalam lingkup Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Jika berkunjung ke daerah Purwakarta atau sedang melintas saja, maka anda bisa mengunjungi obyek dan tempat wisata menarik, baik itu buatan maupun alami (wisata alam). .

Waduk Jatiluhur

Obyek wisata di Purwakarta yang paling populer di kalangan wisatawan domestik Waduk Jatiluhur. Nama Jatiluhur ambil dari nama salah satu Kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Proyek pembangungan Waduk Jatiluhur dmulai sejak tahun 1957. Waduk Jati Luhur merupakan sebuah bendungan dengan panorama danau yang luar biasa. Tidak hanya itu, bendungan ini merupakan bendungan yang terbesar di Indonesia. Bendungan ini dibangun oleh seorang kontraktor asal Prancis dengan potensi cadangan airnya sebesar 12,9 miliar m3/tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

wisata purwakarta waduk jatiluhurGambar wisata purwakarta waduk jatiluhur

Manfaat waduk Jatiluhur itu banyak. Beberapa diantaranya adalah untuk irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan sumber air minum untuk orang-orang yang tinggal di sekitar Purwakarta, teruma di sekitar Waduk Jatiluhur.

Hari-hari yang lebih populer, pada akhirnya Waduk Jatiluhur jadi Tempat Wisata Purwakarta yang seringkali dikunjungi untuk warganegara asing atau wagra lokal yang menginginkan nikmati air terjun di sekitaran waduk, serta banyak sekali lagi wahana air serta berolahraga air yang bisa Jamaah Paket Umroh Desember kerjakan waktu ada di Waduk Jatiluhur.

Taman Sri Baduga

Tempat Wisata Purwakarta yang kedua adalah Taman Sri Baduga. Taman ini memiliki daya tarik tersendiri karena pertunjukan air mancur menari di kawasan tersebut, seperti Singapura. Taman wisata ini berada di daerah danau atau situ Buelud. Saat Purwakarta masih berupa hutan belantara, Situ Buleud adalah danau tempat berkubangnya para badak. Kini, satu-satunya badak yang tersisa adalah patung badak putih di depan Taman Sri Baduga.

wisata purwakarta taman sri badugaGambar wisata purwakarta Taman Sri Baduga

Seiring dengan perkembangan jaman, danau tersebut dibersihkan dan dipercantik. Kursi tribun berkapasitas 5.000 orang disusun bertingkat mengelilingi danau seluas 4 hektare tersebut. Mirip amphiteater, tapi panggungnya danau. Di tengah danau, terdapat patung Sri Baduga yang dikelilingi empat ekor macan. Kabarnya, Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi dipilih menjadi patung utama Situ Buleud karena merupakan sosok raja yang mengedepankan nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, pesan ini akan terus terbawa dalam kehidupan masyarakat Purwakarta. Baca info selengkapnya di wego.co.id.

Pemerintah Purwakarta juga berinisiatif menggratiskan wisata dikawasan tersebut. Alasannya adalah ekonomi. Meskipun untuk keperluan pertunjuakan memerlukan biaya sekitar 50 juta, tetapi perputaran uang di kawasan tersebut bisa mencapai 1 Miliar lebih. Hal ini dilansir dari detik.com.

Desa Sajuta Batu

Ada sekali lagi Tempat Wisata Purwakarta yang tawarkan panorama alam yang indah dari Desa Sajuta Batu. Desa Wisata Sajuta Batu adalah tempat wisata alam di Purwakarta yang menawarkan ragam tempat wisata dan kebudayaan lokal. Mulai dari wisata kuliner, wisata rekreasi, wisata budaya hingga wisata minat khusus tersedia di tempat ini. Untuk pasangan yang halal, dapat berfoto dengan di sini dengan berpose romantis yang di dukung oleh bebatuan yang memiliki bentuk indah sesuai sama alam.

wisata purwakarta Desa Sajuta BatuGambar wisata purwakarta Desa Sajuta Batu

Dilansir dari zonalibur.com, tempat ini dinamakan Desa Wisata Sajuta Batu karena banyak terdapat batuan alam, mulai dari ukurang kecil hingga gunung andesit setinggi lebih dari 900 mdpl. Spot ekstrem di Desa Sajuta Batu yang menjadi ‘surga’ bagi para petualang dan pemanjat tebing profesional adalah Gunung Parang.

Desa Sajuta Batu juga cocok menjadi kunjungan biro wisata travel dan umroh sebagai salah satu destinasi wisata. Kawasan wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai berkemah dan panjat tebing.

Bukit Panenjoan Purwakarta

Kabupatan Purwakarta memiliki wisata alam Panenjoan. Lokasi agro wisata pemandangan alam yang yang satu ini bisa dibilang sangat instragamable. Daya tarik kekinian ini menjadikan tempat wisata ini makin menyedot perhatian wisatawan yang melancong ke Purwakarta. Apalagi setelah fasilitas di tempat wisata ini dibenahi dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pun turut mempromosikannya di media sosial.

wisata purwakarta bukit panenjoan

Tempat wisata yang mulai ngehits di Instagram ini terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta. Bukit Panenjoan terdapat sekitaran 17 KM dari kota Purwakarta. Pemandangan perkebunan teh yang dikelola PT Karti Wana Raya tersebut kian menyedot perhatian para wisatawan. Sesuai dengan namanya, panénjoan yang dalam bahasa Sunda berarti ‘tempat memandang’ (asal kata nénjo = melihat/memandang).

Kuburan Kereta Api

Tempat berikut memang bukan destinasi wisata komersil tapi tetap wajib traveler kunjungi jika punya hobi fotografi. Adalah kuburan kereta api yang letaknya di kawasan Stasiun Purwakarta. Di tempat ini traveler akan menemukan tumpukan dari gerbong-gerbong usang dari kereta api yang terlihat seperti lego raksasa.

Gerbong kereta api ini dipenuhi dengan tulisan grafiti, nampak berkarat dan tak terawat. Akan tetapi jika diabadikan dengan lensa kamera akan nampak gambar yang mempesona. Hanya saja kalau mau foto di gerbong-gerbong ini traveler harus masuk diam-diam karena tempat ini adalah kawasan terbatas yang selalu dijaga petugas. Baca selengkapnya di travelingyuk.com.

Wisata Purwakarta
5 (100%) 2 votes

Tinggalkan komentar