Kerajinan dari Bahan Lunak dan Macam Macam Contoh Karya dari Sabun dan Lilin

August 3, 2017 | By Slamet Purwanto | Filed in: Beauty and Fashion, How-to and Style.

Kerajinan dari bahan lunak dan macam macam contoh karya dari sabun dan lilin dapat anda lihat jenis-jenis produknya pada artikel ini. Anda dapat menggunakan bahan lunak yang ada di sekitar anda untuk menghasilkan karya yang berestetika tinggi. Tak jarang, untuk melatih daya kreatifitas anak, para guru di sekolah memberikan tugas kepada siswanya untuk membuat karya dari bahan lunak secara handmade (buatan tangan, manual).

kerajinan dari bahan lunak

Jenis-jenis Kerajinan dari Bahan Lunak

Mungkin anda belum tahu bahwa ada 2 jenis bahan lunak didasarkan pada asal bahan tersebut, yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak sintentis. Bahan lunak alami tersedia secara alami. Umumnya bahan tersebut mudah diperoleh. Contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, kulit dan serat alam. Berbeda dengan bahan lunak alami, bahan lunak sintetis perlu dibuat di pabrik (manufaktur) dan tidak tersedia secara alami. Contohnya adalah bubur kertas, lilin atau malam, fiberglass, gips, sabun dan spon. Kami akan bahas tentang kerajinan dari bahan lunak dari sabun dan lilin.

Kerajinan Sabun

Sabun yang dapat dibuat menjadi karya unik dan estetik adalah sabun batangan, bukan sabun cair. Tentunya anda pernah menggunakan sabun mandi batang bukan. Betul, sabun yang harganya murah tersebut dapat disulap menjadi aneka kerajinan yang unik dan menarik dengan cara mengukirnya.

Kerajinan sabun dapat difungsikan sebagai penghias ruangan sekaligus pengharum ruangan. Kerajinan ukir dari sabun yang memiliki aroma menyegarkan dapat memberikan efek positif saat diletakkan di meja ruang tamu. Tamu anda mungkin akan surprise dengan wewangian dari sabun ukir tersebut. Anda dapat berkreasi dengan bentuk dan warna sabun. Contoh bentuk yang dapat anda ukir pada sabun adalah bentuk binatang, bunga, ikan, kura,kura, kelinci, bintang dan lain sebagainya. Berikut kami berikan contoh gambar produk atau karya yang dibuat dari sabun batang dengan teknik ukir.

Video

Selain dengan cara mengukir, anda juga dapat membuat kerajinan sabun dengan teknik melt and pour. Anda serut sabun sehingga menjadi serpihan/serbuk (dapat juga menggunakan chip soap), campurkan dengan bahan lain seperti kanji dan pewarna, kemudian cetak pada cetakan. Anda dapat membeli chip soap dalam jumlah besar melalui PT. ADEV Natural Indonesia (adevnatural.com). Berikut contoh gambarnya.

 

Kerajinan Lilin

Seperti halnya sabun, lilin juga termasuk mudah dibentuk, baik dengan cara diukir maupun dengan cara melt and pour. Untuk lilin ukir, anda akan memerlukan ukuran lilin yang cukup besar sehingga karya akhirnya tidak terlalu kecil. Dengan cara melt and pour anda perlu memanaskan lilin hingga mencair, mewarnainya dan mencetaknya. Umumnya teknik melt and pour lebih umum digunakan untuk membuat kerajinan lilin. Bentuk umum yang dibuat pada kerajinan lilin adalah bunga.

Video Lilin Ukir

Semoga artikel tentang Kerajinan dari Bahan Lunak dan Macam Macam Contoh Karya dari Sabun dan Lilin bermanfaat buat anda. Selamat mencoba.


Apa Komentar Anda?