Daftar Kosmetik Aman Menurut BPOM dan Jenis Kosmetik

June 1, 2017 | By Slamet Purwanto | Filed in: Beauty and Fashion.

Daftar Kosmetik Aman Menurut BPOM dan Wewenang Badan POM RI – BPOM atau Badan POM (Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah lembaga pemerintah yang bertugas mengawasi peredaran obat dan makanan yang ada di Indonesia. Pengawasannya mencakup aspek pembuatan, penggunaan, penjualan, dan keamanan makanan, obat-obatan, kosmetik, dan produk lainnya.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan memiliki fungsi utama untuk membuat kajian kebijakan di bidang obat dan makanan, pemantauan, pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga negara yang bekerja di bidang pengawasan obat dan makanan. BPOM menjadi lembaga penting dari pemerintah yang bisa mengelurkan izin edar produk dari sebuah perusahaan, untuk itu pihak perusahaan kosmetik yang ingin mendaftarakan produknya ke BPOM harus terlebih dahulu memenuhi syarat izin membuat produk kosmetik, tak terkecuali dengan produk kecantikan untuk kulit berminyak.

Di tahun 2016 kemarin BPOM telah mengeluarkan daftar kosmetik berbahaya (tidak layak pakai) dan juga daftar kosmetik aman menurut BPOM. Adanya kosmetik yang tidak layak pakai ini membuat konsumen semakin resah dan berfikir jangan-jangan produk yang dipakainya masuk ke dalam list tersebut. Jika konsumen mengetahui bahan-bahan apa saja yang tidak boleh dipakai untuk pembuatan kosmetik tentunya mereka bisa membedakan mana produk yang aman dan tidak. Namun, ada juga produk dari luar negeri yang menggunakan tulisan komposisi dengan bahasa asing (bukan bahasa Indonesia) sehingga konsumen tidak tahu bahan apa saja yang mereka gunakan.

Syarat dan Ketentuan Pembuatan Kosmetik Menurut BPOM

Daftar kosmetik aman menurut BPOM bisa di cek website resmi BPOM bagian kosmetik (http://cekbpom.pom.go.id/), untuk produk dari luar negeri atau impor nampaknya Indonesia harus lebih berhati-hati karena banyak sekali produk yang datang ke Indonesia tanpa izin edar atau ilegal. Sebenarnya untuk mendaftarkan produk kosmetik dari luar negri bisa diurus dengan mudah. Cara daftar kosmetik aman menurut BPOM produk luar negeri yaitu:

  1. adanya surat keterangan good manufaktur paratice dari negara asal produsen (di luar ASEAN) ,
  2. penyataan pabrik kosmetik pembuat memiliki sertifikat GMP, CFS dari negara asal yang menunjukan bahwa produk itu layak edar, jika produk sudah beredar di wilayah ASEAN harus ada notifikasi khusus,
  3. surat yang menyatakan masa berlaku produk dari negara asal, dan
  4. surat perjanjian kerja sama dengan pihak Indonesia bila kosmetik tersebut di kontrakan yang disahkan oleh notaris.

Semua syarat tersebut harus di tempuh pengusaha produk luar negeri agar produk kosmetiknya bisa memiliki izin edar di Indonesia.

Catatan: Notifikasi kosmetik khusus hanya berlaku untuk produk kosmetik yang berasal dari negara kawasan ASEAN karena hak edar dan keamanan produk ditanggung oleh negara pembuat. Perhatikan gambar yang diupload oleh www.watchme88.com yang diambil dari laman Badan POM berikut

Daftar Kosmetik Aman Menurut BPOM

Daftar kosmetik aman menurut BPOM dan Jenis Kosmetik

Jenis kosmetik seperti serum dan pemutih kulit wajah, merupakan jenis kosmetik yang paling banyak ditemui peredarannya di pasar kosmetik. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua jenis produk kecantikan tersebut:

  1. Serum wajah. Serium wajah merupakan kosmetik yang dipakai di wajah, serum memiliki bentuk cair dengan kandungan utama asam amino, emulsi dan air atau minyak. Selain ketiga bahan utama serum juga mengandung vitamin, ekstrak sayuran, bunga, hewan dan buah. Serum yang menjadi daftar kosmetik aman menurut BPOM tidak menganggung merkuri, zat pewarna berbahaya K.10 dan K.3, ekstrak yang ada di dalamnya bukan berasal dari bahan haram dan berbahaya dan pabrik yang membuat telah memiliki izin dari BPOM.
  2. Pemutih wajah. Kosmetik pemutih wajah menjadi kosmetik yang banyak diperdebatkan aman atau tidak dipakai pasalnya banyak kasus mengenai kosmetik yang berkaitan dengan pemutih wajah. Bentuk pemutih wajah ada banyak misalnya Cream, serum, lotion dan sabun. Banyaknya jenis produk pemutih wajah membuat para pembeli tidak teliti membeli produk kosmetik pemutih wajah sehingga tidak memperhatikan kandungan bahannya, cara aman membeli produk pemutih wajah dengan melihat kemasan adakah nomor registrasi dari BPOM.

Kedua jenis kosmetik tersebut yang paling banyak ditemukan barang ilegalnya di pasaran, sehingga BPOM terus melakukan pengawasan edar. Terkadang pedagang yang curang hanya mementingkan keuntungan mereka saja tanpa mau tahu produk kosmetik itu aman atau tidak. Daftar kosmetik aman menutur BPOM bisa dilihat di banyak hasil mesin pencarian.


Apa Komentar Anda?