Obat Batuk Yang Ampuh dan Bikin Cepat Sembuh Untuk Batuk Kering

August 11, 2017 | By Slamet Purwanto | Filed in: Health, How-to and Style.

Obat batuk yang ampuh dan bikin cepat sembuh untuk bayi, anak dan ibu hamil yang aman itu apa? Demikianlah pertanyaan yang sering diajukan ibu-ibu yang mendapati anggota keluarganya mengalami sakit batuk. Wanita yang bekerja kantoran dan ingin selalu tampil cantik (dengan menggunakan kosmetik) juga tidak menginginkan sakit batuk. Anak-anak pun juga sangat terganggu jika mengalami sakit batuk. Apalagi saat mereka sedang asyik membuat prakarya kerajinan dari bahan lunak dari sabun. Namun, untuk menjawabnya tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus dipahami untuk mengobati batuk yang efektif.

Obat Batuk Yang Ampuh dan Bikin Cepat Sembuh Untuk Batuk KeringGambar ilustrasi sakit batuk kering taken from top10homeremedies.com

Penyakit mengalami evolusi seiring dengan berkembangnya dunia medis dan kedokteran. Jika pada zaman dahulu, batuk cukup diobati dengan satu jenis obat alami tradisional herbal Cina (umumnya obh atau obat batuk hitam) atau air kelapa, maka sekarang obat batuk semakin beragam sesuai dengan jenis sakit batuk. Perlu anda ketahui, bahwa dalam agama Islam ada Hadist  Nabi yang meriwayatkan bahwa setiap penyakit ada obatnya (Obat batuk yang ampuh) kecuali mati.

Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah ﷺ, bahwasannya beliau bersabda,

“Setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat itu tepat untuk suatu penyakit, penyakit itu akan sembuh dengan seizin Allah ‘Azza wa Jalla.” (HR. Muslim)

“Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.” (Al Quran – Al An’am : 17)

Obat Batuk Yang Ampuh dengan Mengenali Jenis Penyakit Batuk

Dunia medis menemukan bahwa jenis sakit batuk ada berbagai macam. Ada batuk berdahak, batuk kering, batuk alergi, sakit batuk yang disertai flu/pilek, batuk radang tenggorokan dan batuk gatal. Untuk menyembuhkan sakit batuk tersebut diperlukan obat batuk yang tepat sesuai jenis sakit batuknya. Oleh karenanya, melalui tayangan televisi Anda mungkin sering melihat iklan obat batuk yang beraneka ragam. Sebelumnya, masyarakat hanya mengkonsumsi obat batuk generic untuk mengobati sakitnya dan menganggapnya sebagai obat batuk yang ampuh.

Berdasarkan usia dan jenis kelamin, obat batuk juga bermacam-macam. Ada obat batuk untuk bayi (1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5, bulan, 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan) obat batuk untuk anak (1,2,3,4,5 tahun), obat batuk buat ibu hamil, dan obat batuk untuk orang dewasa.

Obat batuk mudah ditemukan karena dijual secara bebas di apotik dan minimarket. Walaupun begitu Anda jangan sembarangan membeli tanpa mengetahui terlebih dahulu sebenarnya Anda sedang terserang penyakit batuk yang mana. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli obat batuk kering. Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis penyakit batuk yang sedang Anda derita, sehinggga efeknya terasa sebagai obat batuk yang ampuh. Jangan sampai Anda menderita batuk kering tetapi Anda membeli obat batuk berdahak maupun sebaliknya. Tak jarang penderita sakit batuk salah memilih obat batuk. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak konsultasi ke dokter dan memutuskan sendiri. Padahal gejala-gejalanya belum mereka ketahui dengan pasti.

Batuk berdahak

Batuk berdahak (sputum) dicirikan adanya lendir kental yang terasa di tenggorokan saat batuk. Dahak dihasilkan dalam tabung bronkial, saluran tenggorokan, paru-paru, dan bagian lain dari saluran pernapasan, selain rongga hidung. Dahak bisa menjadi indicator terjadinya infeksi seperti bronkitis, pneumonia, pilek atau flu, masalah sinus kronis, asma dan bahkan kanker paru-paru pada kondisi tertentu.

Kata “dahak” (Phlegm) berasal dari istilah phlegma dalam bahasa Yunani yang bermakna peradangan. Sejalan dengan adanya elektrolit dan garam dalam lendir, dahak juga mengandung bakteri, virus, dan kotoran. Selain itu, komponen darah dan sel-sel inflamasi yang mati yang dihasilkan karena infeksi juga ditemukan dalam dahak. Anda akan mengalami batuk jika tubuh memberikan respon karena dahak yang terakumulasi tidak dapat ditolerir oleh tubuh.

Jangan salah membeli obat batuk berdahak karena khasiat obat batuk yang ampuh tidak akan efektif. Jika Anda terserang penyakit batuk berdahak tetapi Anda membeli obat untuk batuk kering, maka pengobatan tidak efektif. Dahak tak akan bisa keluar dan batuk tetap mengganggu aktivitas keseharian Anda. Tubuh Anda juga merasa tidak nyaman.

Batuk kering

Prinsip kerja obat batuk kering adalah dengan menekan rangsangan timbulnya batuk. Dalam dunia medis, hal tersebut dikenal dengan antitusif. Antitusif sendiri memiliki arti menekan rangsangan batuk, dengan begitu akan ikut mengurangi dan menghilangkan gangguan batuk kering. Apabila sekarang ini Anda sedang menderita batuk kering maka baca panduan berikut sebelum Anda membeli obat batuk di apotik.

Kandungan obat batuk kering

Untuk mengobatik penyakit batuk kering, Anda dapat menggunakan obat batuk yang memiliki kandungan dextromethorphan dan Pholcodine. Kedua zat tersebut kerap diresepkan oleh dokter THT. Obat batuk dengan kandungan ini termasuk aman. Oleh karenanya tanpa resep dokter pun Anda juga sudah dapat membelinya. Obat dengan kandungan ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko obat dan apotik terdekat. Selain zat tersebut kita bahas kandungan lain dalam obat batuk.

Antitussive dan antihistamin

Untuk mengobati jenis batuk yang disertai rasa gatal, anda perlu mengkonsumsi obat batuk kombinasi. Zat aktif dalam obat tersebut merupakan kombinasi dari antitussive, dekongestan, amfetamin dan atau antihistamin. Antihistamin akan membantu mengurangi rasa gatal dalam tenggorokan dan mengurangi dorongan batuk. Zat aktif antihistamin mempunyai efek penenang sehingga menimbulkan rasa kantuk. Hal tersebut dapat membantu penderita sakit batuk untuk tidur nyenyak dan lebih cepat sembuh. Jangan gunakan obat antihistamin ini untuk obat tidur karena bukan itu fungsinya.

Dekongestan

Dekongestan merupakan obat yang dapat digunakan untuk meredakan kongesti nasal atau hidung tersumbat, seperti flu, pilek, sinusitis, dan alergi. Dekongestan bekerja dengan cara meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung yang disebabkan oleh kondisi-kondisi tersebut sehingga saluran napas menjadi terbuka dan napas menjadi lega.

Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan mengkonsumsi obat yang mengandung dekongestan, kecuali dengan resep dokter.

Obat batuk alami herbal dan tradisional

Indonesia merupakan Negara dengan banyak suku dan tradisi, termasuk dalam hal cara mengobati batuk. Pengobatan batuk di Jawa mungkin berbeda dengan pengobatan sakit batuk di Sumatera, bergantung pada tanaman herbal yang tumbuh di daerah tersebut. Ramuan tradisional yang sering digunakan untuk mengobati batuk  adalah:

  1. Jeruk nipis dan madu
  2. Jeruk nipis dan kecap
  3. Air garam
  4. Jahe dan kencur
  5. Lemon

Selain untuk mengobati batuk, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengurangi jerawat. Bahan alami diatas merupakan obat batuk yang ampuh untuk mengobati penyakit batuk di Indonesia. Untuk resep dan takaran jumlahnya belum dibahas dalam artikel ini.


Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed here.